Satu Lagi, Guru Berprestasi Ala Karangkajen

Diposting pada: 2014-09-29, oleh : Administrator, Kategori: Informasi Sekolah

SATU LAGI, GURU BERPRESTASI ALA KARANGKAJEN

 

Eko Prasetyo, S.Pd.,

biasa dipanggil Pak Eko. Pria kelahiran Ngawi, 7 Nopember 1987 ini beberapa minggu yang lalu telah mengharumkan nama SD Muh. Karangkajen Yogyakarta. Beliau meraih peringkat ke-3 tingkat propinsi dalam lomba karya inovatif guru pada kegiatan ITC Camp and Edu Fair yang dilaksanakan oleh Balai Tekkomdik pada tahun 2014.

Dengan mengambil tema, “Revitalisasi Pembelajaran IPS (Sejarah) Kelas 5 Menggunakan Media IT di SD Muhammadiyah Karangkajen”, beliau mencoba untuk mencari metode lain, yang dapat menarik perhataian para siswa untuk menyukai pelajaran IPS (sejarah). Dalam penelitian ini menggunakan penelitian diskriptip kualitatif yang berupaya untuk menangkap gejala fenomenologis kondisi siswa di kelas dalam belajar IPS (sejarah).

Penelitian tersebut dapat dikaetahui latar belakang anak-anak tidak menyukai pembelajaran IPS (Sejarah) karena materi sejarah dianggap tidak prestise atau interest sebagaimana pelajaran IPA dan MTK .

Selain itu, adanya teknik pengajaran IPS (sejarah) yang hanya bersifat klasikal dan cenderung siswa pasif membuat materi ini semakin tidak di minati siswa. Oleh sebab itu, beliau berusaha menciptakan media dan metode pembelajaran IPS (Sejarah) yang mencangkup 3 aspek utama yaitu : aspek kognitif (Pengetahuan), aspek afektif (nilai/sikap) dan aspek Psikomotor (Keterampilan). Dalam aspek kognitif beliau menciptakan suatu PPT yang berisi 18 power point yang di hyperlinkan dalam satu konsep pemikiran deduktif “Pemetaan Kerajaan di Indonesia” dan disisipkan Easy Quiz suatu progam komputer untuk membuat soal sejarah hal ini dilakukan untuk memenuhi pencapaian kurikulum 2013 yang menghasilkan penilaian otentik.

Dalam ranah afektif dilakukan dengan main peran (sosiodrama) dengan memerankan tokoh sejarah untuk diambil nilai heroik dari tokoh-tokoh tersebut. Dan dalam ranah psikomotor anak-anak diarahkan untuk membuat diorama atau diomaket peristiwa sejarah yang terjadi pada kurun waktu tertentu. Aplikasi yang di ciptakan beliau sangat aplikatif dan dapat membantu pemahaman pembelajaran IPS (sejarah) di SD, SMP maupun SMA.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Username
Password

YM Admin Sekolah
YM Khoirudin
al-quran-on-line-sd-muhammadiyah-karangkajen

Quran Surat Al Anbiyaa' 21 : 21

21. Apakah mereka mengambil tuhan-tuhan dari bumi, yang dapat menghidupkan (orang-orang mati)?

Baca Surat » Al Anbiyaa' »

www.m-edukasi.web.id blog guru
178769 Total Hits Halaman
51468 Total Pengunjung
15 Hits Hari Ini
7 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online