Kasih Sayang Dalam Islam

Diposting pada: 2014-09-22, oleh : Administrator, Kategori: Artikel Pendidikan

Kasih Sayang Dalam Islam

Sebagain orang diseluruh dunia Bulan februari ini dijadikan hari kasih sayang yang  tepatnya biasanya jatuh pada tanggal 14 mereka sebut sebagai valentine day, diantara mereka merayakan dengan mengadakan pesta, bertukar hadiah, saling mengucapkan kasih sayang dan sebagainya. sehingga seolah-olah bahwa kasih sayang itu adanya pada bulan, dan tanggal  tersebut. menyedihkan kalau itu dilakukan dengan melakukan hal-hal yang terdapat maksiat, mudharat atau ke arah yang negatif, apa lagi kalau pelakunya  adalah seorang muslim. Karena dalam hal ini Islam sudah mengatur dengan sangat detil hubungan antar manusia, yang akan membawa kepada kedamaian dan kasih sayang diantara umat manusia karena Islam adalah rahmatan lil’alamin menjadi rahmat bagi seluruh alam ini jauh sebelum hari valentine day tersebut ada. 

Seorang muslim dikatakan  muslim yang kafah ketika ia memiliki hubungan baik dengan Sang khalik Allah Subhanahu Wata’ala. Dan hubungan baik dengan sesama manusia. Seseorang dikatakan baik tidak cukup ketika hanya ibadah mahdah saja yakni hubungan dengan Allah akan tetapi Islam sangat menekankan pula hubungan antar manusia, saling berkasih sayang dan sebagainya. Allah SWT dan Rosulullah SAW . menuntun kita bagaimana kita hidup saling berkasih sayang, karena tanpa kasih  sayang apa yang akan terjadi di dunia ini. Apa saja yang Allah dan rosulnya ajarkan dalam berkasih sayang.

Pertama saling mencintai, Dalam hadist Rosulullah SAW. bersabda:” Demi zat yang jiwaku berada di dalam genggaman-NYA, kalian tidak akan masuk surga sebelum kalian beriman. Kalian tidak akan bisa beriman sebelum kalian saling mencitai……(HR.Muslim)  Dalam hadist lain yang panjang disebut ada tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan  Allah pada hari kiamat di mana tidak naungan Selain Naungan Allah yakni “dua orang yang saling mencintai karena Allah (HR. Albukhori)

Kedua saling bersilaturahim(saling mengunjungi), Rosulullah SAW. bersabdaCinta-Ku berhak diperoleh oleh orang yang saling mencintai karena-Ku,juga berhak diperoleh orang-orang yang bergaul karena-Ku, orang-orang yang saling mengunjungi karena-Ku dan orang-orang yang saling memberi karena-Ku, serta orang –orang yang saling tolong menolong karena-Ku.(HR.ahmad), Silaturahmi bukan hanya akan menjadikan saling berkasih sayang akan tetapi akan membawa berkah lainnya yakni diluaskan rizkinya dan dipanjangkan usianya.  “Barang siapa yang bergembira dengan dipanjangkan umurnya, maka akan diluaskan rizkinya dan dijauhkan dari kejahatan, maka hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dan menyambung tali silaturahmi”(HR.Mutafaq ‘alaih)

Ketiga ketika berjumpa tersenyum, selain dihitung sedekah oleh Allah SWT. dengan melempar senyum  terhadap sesama akan menghilangkan kekakuan dalam bergaul  Rosulullah SAW. bersabda” janganlah kalian meremehkan kebaikan sedikitpun, walau hanya seulas senyum kegembiraan yang kau berikan kepada teman/saudaramau saat berjumpa.(HR.Muslim) dalam hadist lainnya dijelaskan bahwa senyummu terhadap sauadaramu adalah sedekah….

Keempat mengucapkan salam  Rosulullah SAW bersabda “ ada enam kewajiban seorang muslim atas muslim lainnya mengucapkan salam saat bertemu dengan muslim lainya(HR. At-Trimidzi) Dalam hadist lain Rosulullah SAW. bersabda “ kamu tidak akan masuk  surga hingga kamu betul-betul beriman dan kamu belum termasuk iman hingga kamu saling mencintai maukah kamu  aku tunjukan terhadap sesuatu hal yang jika kamu mengerjakannya akan menimbulkan rasa saling mencintai? Yaitu sebarkan salam diantara kamu.(HR. Muslim)

Kelima saling berjabat tangan “tidak ada orang muslim yang apabila berjumpa saudaranya kemudian berjabat tangan, kecuali keduanya akan mendapat ampunan dosa sebelum mereka berpisah(HR.Abu Daud),  hadist lain menyatakan Rosulullah SAW bersabda” Saling bersalamanlah, maka akan hilang kedengkian saling member hadiah, maka kalian akan saling mencintai dan akan hilang permusuhan antara kalian.(HR.Malik), Akan tetapi ini berlaku untuk sesame jenis dan sesame muhrimnya.

Keenam Memberi hadiah Rosulullah SAW bersabda” hendaklah diantara kalian saling memberi hadiah, sebab hadiah itu dapat mewariskan rasa cinta kasih dan menghilangkan kedengkian hati Saling mendo’akan Rosulullah SAW. bersabda “Seorang muslim yang mendo’akan saudaranya dari kejauhan, malaikat berkata:” dan bagimu apa yang kamu panjatkan(HR.Mutafaq ‘alaih), dengan do’a tersebut yang dido’akan akan timbul rasa kasih sayang.

Ketujuh Bersikap lemah lembut Rosulullah SAW. bersabda:” sesungguhnya kelemah lembutan itu tidak berada pada sesuatu melainkan menghiasinya dan tidak dicabut daripadanya melainkan memperburuknya(HR.Muslim)

Jadi jelaslah bahwa Islam merupakan agama yang menjunjung kasih sayang bukan hanya sekali dalam setahun, dan pada orang tertentu saja akan tetapi dilakukan setiap saat dan kepada siapa saja, Ummat Islam  menjadi rahmat bagi seluruh mahluk dimuka bumi ini. semoga ini menjadi renungan dan kita mampu mengamalkannya. Wallahua’lam.

Oleh: Wasito,S.Sos.I


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Username
Password

YM Admin Sekolah
YM Khoirudin
al-quran-on-line-sd-muhammadiyah-karangkajen

Quran Surat Fush Shilat 41 : 50

50. Dan jika Kami merasakan kepadanya sesuatu rahmat dari Kami sesudah dia ditimpa kesusahan, pastilah dia berkata: ”Ini adalah hakku, dan aku tidak yakin bahwa hari Kiamat itu akan datang. Dan jika aku dikembalikan kepada Tuhanku maka sesungguhnya aku akan memperoleh kebaikan pada sisiNya.” Maka Kami benar-benar akan memberitakan kepada orang-orang kafir apa yang telah mereka kerjakan dan akan Kami rasakan kepada mereka azab yang keras.

Baca Surat » Fush Shilat »

www.m-edukasi.web.id blog guru
188562 Total Hits Halaman
56647 Total Pengunjung
137 Hits Hari Ini
59 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online