Gebyar Idul Adha; SD Muh. Karangkajen Mengadakan Qurban Dan Bakti Sosial

Diposting pada: 2014-09-08, oleh : Administrator, Kategori: Agenda Sekolah

Sejatinya Ibadah qurban adalah perintah Tuhan untuk mengorbankan dan menyembelih sifat egois, mementingkan diri sendiri, rakus dan serakah yang dibarengi dengan kecintaan kepada Allah swt. yang diwujudkan dalam bentuk solidaritas dan kerja-kerja sosial. Kecintaan pada Allah swt. ditunjukkan Nabi Ibrahim dengan kesediaan menyembelih putra kesayangannya Ismail. Sesungguhnya Tuhan  menyuruh Ibrahim menyembelih putranya, yang disampaikan melalui mimpi, di samping ujian keimanan juga sarat pesan-pesan sosial kemanusiaan. Kepekaan sosial, keberpihakan kepada kaum lemah dan dilemahkan (mustadh'afin) adalah nilai sekaligus moral sosial yang terkandung dalam ibadah qurban.

Perintah berqurban bagi mereka yang diberi kelebihan rizki dan membagikan dagingnya untuk kaum miskin, mengandung pesan penting  "bahwa Kita bisa dekat dengan Allah swt. hanya ketika Kita bisa mendekati dan menolong saudara-saudara kita yang serba kekurangan". Semangat menyembelih hewan qurban yang dagingnya dibagikan kepada kaum fuqara dan masakin (fakir dan miskin), jelas dimaksudkan agar terjadi solidaritas dan tolong-menolong antar-anggota masyarakat. Yang kaya menolong si miskin dan sebaliknya yang miskin menolong si kaya. Sikap solidaritas ini diharapkan akan mengurangi kesenjangan sosial.

Berawal dari situlah, SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta bergerak untuk mengisi rasa kepedulian terhadap sesama dengan mengadakan kegiatan Qurban dan Bakti Sosial yang ditujukan kepada para warga yang membutuhkannya, untuk saling berbagi dan mengasihi. Dengan mengangkat tema “Merajut Ukhuwah, Menebar Dakwah untuk Menggapai Ridlo Sang Maha Rahmah” sebagai wujud kepedulian SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta terhadap pengembangan sosial kemasyarakatan yang berlandaskan syari’at Islam.

MI Muhammadiyah Serangrejo Kulon Progo dipilih sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan qurban dan baksos, karena berdasarkan survey dan informasi dari pihak sekolah bahwasanya daerah tersebut masih perlu dan butuh bantuan baik secara spiritual (dakwah) maupun pengembangan sekolah muhammadiyah itu sendiri.

Kegiatan qurban dan baksos insya Allah akan dilaksanakan pada hari Senin, 06 Oktober 2014 dan diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SD Muh. Karangkajen.

Terimaksih kepada seluruh Orang Tua/Wali Murid SD Muh. Karangkajen yang telah memberikan bantuan berupa gula, beras, dan minyak sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Mudah-mudahan amal kebaikan kita diterima oleh Allah swt.

Untuk MI Muhammadiyah Serangrejo, salam silaturahim dari kita SD Muh. Karangkajen. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berguna untuk dakwah Islam; amar ma’ruf nahyi munkar.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Username
Password

YM Admin Sekolah
YM Khoirudin
al-quran-on-line-sd-muhammadiyah-karangkajen

Quran Surat Al Muddatsts 74 : 38

38. Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya,

Baca Surat » Al Muddatsts »

www.m-edukasi.web.id blog guru
174515 Total Hits Halaman
49177 Total Pengunjung
95 Hits Hari Ini
22 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online