SEKILAS INFO
29-10-2020
  • 3 bulan yang lalu / Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H
  • 3 bulan yang lalu / Melebihi pukul 06.40 WIB gerbang ditutup
  • 8 bulan yang lalu / SELAMAT DATANG DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN – Sekolah Kreatif Inovatif bernuansa Islami
13
Feb 2020
SENANTIASA MENSYUKURI NIKMAT ALLAH SWT

Oleh: Ustadz Muh. Asyhari, S. Pd. I

Terkadang kita tertekan dalam hidup itu bukan karena kurang rezeki, tapi karena kurang iman. Rezeki itu milik Allah SWT, kita sebagai manusia tidak di suruh untuk mencari rezeki, tapi di suruh mencari berkah. Karena rezeki itu bukan di cari, tapi dijemput. Kalau di suruh  mencari rezeki berarti antara ada dan tiada? Sudah ada! Tinggal di jemput.

Di antara kita mungkin ada yang merasa bahwa rezekinya selalu susah, ketiban sial. Kenapa teman di sebelah ada saja rezeki yang dia dapat dan bahkan selalu bertambah rezekinya. Kenapa kita sendiri susah mencari rezeki berupa harta yang cukup, makan sehari-hari susah. Kalau kita merasa rezeki kita kurang lapang bukan karena tidak ada rezekinya, boleh jadi kita jauh dari petunjuk Allah SWT atau dikasih rezekinya, tapi tidak di kasih berkah-Nya.

Harusnya kan kita bukannya takut tidak mempunyai uang tapi takut tidak punya berkah. Gara-gara niatnya salah cara nya salah, rezekinya dikasih oleh Allah SWT tapi berkahnya hilang. Berapa banyak orang yang di kasih rezeki oleh Allah SWT tapi tersiksa oleh rezekinya?.

Jangan takut kita tidak mempunyai rezeki, tapi takutlah tidak punya syukur!. Karena rezeki itu tidak ada apa-apanya, baru menjadi kebaikan itu ”Fa kaana khoirullah” kalau dengan bersyukur.

Dalam surat Ibrahim ayat 7 Allah berfirman

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

la azidannakum artinya kalau kita bersyukur kepada Allah SWT, Allah akan menambah (nikmat) kepadamu. Kalau dianalogikan dalam dunia perdagangan, untung itu adalah ketika kita mendapatkan laba dari penjualan yang sedang kita jual. Syarat untuk mendapatkan laba dari Allah adalah dengan cara bersyukur. Kita jangan bersu’udzon (berprangsa buruk) kepada apa-apa yang tidak kita sukai. Melihat dagangan yang kita jual sepi terus berprasangka buruk kepada Allah. Mungkin sepi itu bentuk rezeki yang berbeda. 

Orang sakit itu dapat rezeki kesabaran dan kesadaran. Orang sehat itu di uji oleh Allah SWT dengan kelalaian dan kesombongan. Jadi, dalam hidup itu yang penting kita berusaha untuk senantiasa mensyukuri nikmat Allah SWT. Karena rasa syukur itu menerbitkan kegembiraan yang murni dan sejati. Kalau kamu bahagia karena uang, belum tentu kegembiraan itu kegembiraan yang murni dan sejati.

Bersyukur merupakan sebuah keharusan bagi kita sebagai hamba Allah yang beriman. Selain sebagai bentuk penghambaan kepada Allah SWT, bersyukur juga akan membuat nikmat yang kita terima akan menjadi semakin bertambah banyak, kenapa demikian ? karena itu merupakan rumus yang digariskan oleh Allah SWT bagi siapa saja yang bersyukur terhadap nikmat-ni’mat-Nya.

Mungkin ada beberapa hal di bawah ini yang perlu kita simak bersama kemungkinan sebab Allah menahan rezeki seseorang, di antaranya:

  1. Sebuah Ujian Kesabaran

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)

Hidup ini seperti roda berputar, kadang di atas, kadang di bawah. Sebagai manusia, tentu kita ingin hidup bahagia, senang, dan sehat sepanjang hari. Namun tidak ada yang bisa menjamin bahwa hidup kita akan selalu begitu. Hal ini tentunya tidak lepas dari ujian yang Allah berikan kepada kita.

Orang yang hidup tidak akan terlepas yang namanya ujian, ujian ada sebagai bentuk kenaikan kelas. Jika kita lulus ujian dengan hasil baik, maka derajat kita akan dinaikkan oleh Allah SWT. Maka dari itu, menjadilah orang-orang yang semangat ketika mendapati ujian dalam hidup, jangan patah semangat.

  1. Pelajaran agar Bekerja lebih Keras

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. AL-Ra’du: 11)

Setiap orang dalam hidup pasti punya impian. Dan jadikan impian itu sebagai pemicu semangat untuk bekerja lebih keras lagi.

  1. Azab karena Mengingkari Nikmat Allah

Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan dengan sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi penduduknya mengingkari nikmat-nimat Allah; karena itu Allah menimpakan kepada mereka bencana kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang mereka perbuat.” (QS. Annahl: 112)

Ayat di atas terang sekali menjelaskan akan bahaya mengingkari nikmat-nikmat yang telah Allah limpahkan kepada kita. Jika kita ingkar nikmat, Allah akan menimpakan azab kepada kita.

Untuk itu, mari kita introspeksi diri kita masing-masing agar rezeki kita tidak tertahan oleh Allah SWT sebab perbuatan buruk yang kita lakukan. Jadilah selalu orang yang suka bersyukur kepada Allah SWT.

Data Sekolah

SD Muhammadiyah Karangkajen

NPSN : 20403344

Jl. Menukan 2 Yogyakarta
KEC. Mergangsan
KAB. Yogyakarta
PROV. D.I. Yogyakarta
KODE POS 55153

Pengumuman

Petunjuk Teknis Lomba MHQ SD Milad Mukarta 102

KETENTUAN LOMBA STORY TELLING

Petunjuk Pelaksanaan Lomba MHQ TK Milad Mukarta 102

Peta Sekolah